Bansos  

Harus Punya Akun Dulu untuk Dapatkan Dana Bantuan Upah Sebesar Rp 600.000

Harus Punya Akun Dulu untuk Dapatkan Dana Bantuan Upah Sebesar Rp 600.000

Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau penerima bantuan upah BLT 2022 dapat dilihat di situs resmi Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) di kemnaker.go.id.

Untuk verifikasi penerima subsidi upah BSU atau BLT 2022, Anda harus memiliki akun terlebih dahulu di situs kemnaker.go.id.

Dana bantuan upah BLT sebesar Rp 600.000 akan disalurkan mulai 12 September 2022 dan unit pendukung pengupahan akan disalurkan secara bertahap hingga Desember depan.

Cara mendaftar akun untuk cek penerima BSU 2022

Sebelum mendaftarkan akun di Kemennaker.go.id yang melaporkan informasi resmi sebaiknya siapkan dokumen seperti email, KTP, alamat, pos dan nomor ponsel aktif.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mendaftarkan akun di halaman Kementerian Tenaga Kerja:

  • Buka halaman https://account.kemnaker.go.id/auth/login
  • Klik tombol Daftar Sekarang pada halaman login.
  • Masukkan data lengkap serta nama ibu kandung.
  • Setelah itu masukkan alamat email dan nomor ponsel yang masih berlaku serta kata sandi untuk masuk dan mengakses layanan Kementerian Tenaga Kerja.
  • Jika semua data pengisian sudah benar klik Daftar sekarang
  • Anda akan menerima kode OTP melalui SMS dan kode ini akan digunakan untuk memverifikasi akun
  • Setelah menyelesaikan pendaftaran keanggotaan atau pendaftaran akun Anda dapat masuk atau masuk dengan nomor ponsel atau alamat email dan kata sandi yang anda buat sebelumnya.

Syarat dan Ketentuan Penerima BLT Subsidi Upah 2022

Pekerja penerima subsidi upah BSU atau BLT harus memenuhi persyaratan dan kriteria Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. 10 tahun 2022.

Selain itu persyaratan bagi penerima BSU atau BLT subsidi upah 2022 adalah sebagai berikut:

  1. WNI (Warga negara Indonesia)
  2. Pekerja aktif di BPJS Ketenagakerjaan per Juli 2022
  3. Karyawan dengan gaji bulanan maksimal atau Rp3,5 juta per bulan
  4. Untuk pekerja yang bekerja minimum kabupaten kota melebihi Rp3,5 juta. Persyaratannya adalah upah minimum kabupaten/kota atau provinsi hingga ratusan ribu penuh.
  5. Bukan PNS, anggota TNI, atau anggota Polri
  6. Tidak sedang menerima bantuan lain seperti Kartu Prakerja, Bantuan Produktif Usaha Mikro (BLUM) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Perlu diketahui bahwa penyaluran subsidi upah BLT atau BSU dilaksanakan oleh Bank Himbara (Bank BRI Bank BNI Bank BTN Bank Mandiri) Bank Syariah Indonesia Pos Indonesia.

Karena pembayaran BSU dilakukan secara bertahap, sebenarnya pekerja yang berhak atas BLT subsidi upah dapat menunggu dan memeriksa dari waktu ke waktu melalui akun atau laman kemnaker.go.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *